Sekolah Ramah Anak, Sehari Bermain di Luar Kelas

Berita & Event

"Bagikan ya.."

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google

Suasana Kamis pagi (7/11) di SD Negeri 4 Ambon berbeda dengan hari-hari biasanya. Bapak/Ibu guru menyambut seluruh siswa yang berangkat sekolah dengan berbaris rapi penuh dengan senyum, salam, sapa. SD Negeri 4 Ambon mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak pada hari itu. SD Negeri 4 Ambon mewujudkan sekolah ramah anak dengan kegiatan sehari belajar di luar kelas.

Ny. M. J. Wenno, S.Spd Selaku kepala SD Negeri 4 Ambon mendeklarasikan secara langsung SD Negeri 4 Ambon sebagai sekolah ramah anak dalam apel pagi hari itu. Dalam sambutannya, Ny. M. J. Wenno,S.Pd menyampaikan bahwa seorang pelajar harus menghindari tindakan bullying. Sesama pelajar harus saling bersikap ramah sehingga terwujud hubungan kekeluargaan yang baik.

Usai apel pagi, guru beserta siswa menikmati sarapan pagi bersama di lapangan upacara. Diawali dengan cuci tangan dan doa terlebih dahulu, semua siswa nampak gembira dan saling berbagai dengan siswa lainnya. Kegiatan literasi juga menjadi rangkaian dalam agenda tersebut. Seluruh siswa membaca buku di lapangan sekolah pada hari itu.

Simulasi evakuasi bencana alam dalam lagu dan gerak, senam gerakan masyarakat sehat, serta permainan tradisional juga dilaksanakan pada agenda tersebut. Tidak lupa SD Negeri 4 Ambon memberikan pemahaman tentang hidup bersih dan hemat energi, seperti mematikan kran air dan lampu pada saat tidak digunakan.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut siswa SD Negeri 4 Ambon merasa lebih nyaman di sekolah. Sehingga mereka lebih semangat belajar dan berprestasi. Kegiatan tersebut ditutup dengan Doa bersama.

Dengan pendidikan diluar sekolah diharapkan mampu mendukung pembentukan karakter siswa hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan kurtilas dan juga tujuan pendidikan pada SD Negeri 4 Ambon

“Pendidikan karakter yang disokong melalui pendidikan diluar sekolah diharapkan mampu sesuai dengan tujuan pendidikan SD Negeri 4 Ambon serta visi dan misi sekolah, hal ini semoga menjadi jalan yang mampu mendukung kegiatan tersebut” 

Leave a Reply

Your email address will not be published.